Kebutuhan Minimum Personil pada Penanggulangan Kecelakaan Pesawat di Bandar Udara

Penulis

  • Dendi Isma Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Erbin L. Gaol Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Hafizh Daffa Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Mozes Wisnu PPI Curug
  • Rini Sadiatmi Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Oke Hendra Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.52989/jaet.v2i2.31

Kata Kunci:

Task Resource Analysis, Personel, ARFF, PKP-PK

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jumlah kebutuhan personel Pertolongan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran per shift berdasarkan deskripsi pekerjaan sesuai dengan penempatan personel di kendaraan utama dan pendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif dengan analisis kualitatif menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan informan. Data sekunder diperoleh berdasarkan dokumen dari unit Pertolongan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran di Bandara Juanda Surabaya. Proses peninjauan dokumen kemudian dilakukan untuk mendapatkan data tentang skenario kecelakaan terburuk yang mungkin terjadi. Kemudian dilakukan proses analisis sumber daya tugas bagi personel Pertolongan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran berdasarkan analisis sumber daya tugas pada Dokumen 9137-bagian I. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah minimum personel yang dibutuhkan adalah 17 personil untuk tugas operasi Pertolongan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran, khususnya kecelakaan pesawat di Bandara Juanda Surabaya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, A., Nugraha, W., Sutiyo, S,. Setiawan, R.F., Saputra, M.I.D., & Putra, R. P. (2021). Initial Training: Teknik Pemeliharaan Kendaraan PKP-PK sebagai Sarana Pemenuhan Kompetensi Personil PKP-PK Bandar Udara dalam Kesiapsiagaan Kendaraan Operasional PKP-PK. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Penerbangan.

Amalia, D. (2019). Promoting just culture for enhancing safety culture in aerodrome airside operation. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 260–266.

Anggraeni, S. R., Ardianto, E. T., & Putra, D. S. (2020). Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Menggunakan Metode WISN di Rumah Sakit PHC Surabaya. J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan.

Arfiansah, N. R., Praptiningsih, N., Hendra, O., & Susanti. (2021). Rancangan Restrukturisasi VFR Route: Sebuah Studi Kasus Dari Majalengka CTR Perum LPPNPI Unit Kertajati. Warta Ardhia:Jurnal Penelitian Perhubungan Udara.

Dirjen Hubud Kemenhub. (2015, Januari 26). Perdirjen No. KP 14 Tahun 2015. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Fauzan, M.A., & Putra, B.C. (2018). Rancangan Sistem Informasi Perawatan Kendaraan dan Peralatan Pemadam Kebakaran Operasional Unit PKP-PK pada PT. Angkasa Pura II. Jurnal IDEALIS.

Gramopadhye, A.K., Desai, R.R., Bowling, S., & Khasawneh, M. (2003). Task Analysis of General Aviation Inspection Activities: Methodology and Findings. Proceedings if the Human Factor and Ergonomics Society 47th Annual Meeting.

Hendra, O. (2020). Kajian Pembelajaran Kelompok Pembina Taruna Melalui Pendekatan System Dynamics. Jurnal Sosioteknologi.

Jadid, M. A. (2019). Analisis Job Deskripsi SDM Pada Kendaraan Utama dan Kendaraan Pendukung Dalam Tiap Tiap Shift Airport Rescue And Fire Fighting Ataua Pemadam Kebakaran Di Bandar Udara Juanda Surabaya.

Kalbuana, N., Hendra, O., Aswia, P. R., Lestary, D., & Kardi. (2021). Pengenalan Unit Penanggulangan Keadaan Darurat Di Bandara Bagi Siswa Smk Penerbangan Di Wilayah Lampung Dan Sidoarjo. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education).

Keflavik Airport . (2015). Task and Resource Analysis of Rescue and Firefighting Services at Airports. Keflavik Airport .

Lukiana. (2015). Pemeliharaan Kendaraan PKP-PK di Bandar Udara Hang Nadim-Batam. Warta Ardhia:Jurnal Penelitian Perhubungan Udara.

Maulana, W. (2022). Analisis Respon Time Command Car dalam Operasi Pertolongan Kecelekaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran di Bandar Udara Supadio Kalimantan Barat. Jurnal Indonesia Sosial Sains.

Mahroni, A. (2020). Reliability Of EC 155 B1 Aircraft Components Using Upper Control Limit (Alert Level) Formulation. Vortex.

Nugraha, W., Abdullah, A., Sutiyo, Hendra, O., & Marwan, I. J. (2021). Basic PKP-PK Initial Training Sebagai Sarana Peningkatan Pelayanan Gawat Darurat di Bandar Udara. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian dalam Penerbangan, 122.

Riyadi, R., Hendra, O., Sadiatmi, R., Nugraha, W., & Amalia, D. (2021). Potensi Bahaya pada Ujung Runway 24 Bandar Udara: Sebuah Implementasi Manajemen Resiko. Journal of Airport Engineering Technology (JAET).

Rosa, E. M., & Sari, N. K. (2016). Penghitungan Ketenagaan Dengan Metode Workload Indicators Of Staffing Need (WISN) Di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Jurnal Berdikari.

Sujatmiko, N. (t.thn.). Upaya Penanggulangan Bahaya Kebakaran di Landasan Pacu Bandara Internasional Juanda Surabaya. Journal of Universitas Airlangga.

Susetyadi, A. (2012). Evaluasi Fasilitas Peralatan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Di Bandara Haluoleo Kendari. Warta Ardhia:Jurnal Penelitian Perhubungan Udara.

UK Overseas Territory Aviation Authority. (2020). Overseas Territories Aviation Circular: Rescue and Fire-Fighting Services Resourcing. UK Overseas Territory Aviation Authority.

Yusuf, M., & Kusumawati, D. (2013). Pengkajian Pemeliharaan Fasilitas PKP-PK di Bandar Udara Adi Sucipto-Yogyakarta. Warta Ardhia:Jurnal Penelitian Perhubungan Udara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-11

Cara Mengutip

Isma, D. ., Gaol, E. L., Daffa, H. ., Wisnu, M., Sadiatmi, R. ., & Hendra, O. (2022). Kebutuhan Minimum Personil pada Penanggulangan Kecelakaan Pesawat di Bandar Udara . Journal of Airport Engineering Technology (JAET), 2(2), 46-54. https://doi.org/10.52989/jaet.v2i2.31

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama