Pelatihan Pengelolaan Kelas Hybrid Bagi Guru-Guru SMP

Pelatihan Pengelolaan Kelas Hybrid Bagi Guru-Guru SMP

Authors

  • Connie Connie Universitas Bengkulu
  • Eko Risdianto Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.52989/darmabakti.v3i2.92

Keywords:

Pelatihan, Pengelolaan kelas, hybrid learning

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para guru di SMPN 11 Kota Bengkulu dalam melakukan pengelolaan kelas hybrid. Kegiatan dilakukan pada bulan Mei 2023 di SMPN 11 Kota Bengkulu dengan jumlah perserta pelatihan sebanyak 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis respon peserta pelatihan terkait kegiatan pelatihan yang telah dilakukan dilihat dari data yang diperoleh yang diolah ke dalam bentuk persentase. Persentase diperoleh berdasarkan perhitungan Skala Likert yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88% peserta pelatihan dikategorikan sangat setuju dengan pernyataan-pernyataan yang mewakili respon positif terhadap kegiatan pelatihan, sisanya 12% dikategorikan setuju. Jadi, dapat disimpulan bahwa seluruh peserta pelatihan memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan pengelolaan kelas hybrid bagi guru-guru di SMPN 11 Kota Bengkulu. Dari kegiatan pengabdian ini, salah satu dampak yang dirasakan yaitu meningkatnya wawasan guru-guru di SMPN 11 Kota Bengkulu tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan guru dalam mengelola kelas hybrid.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-30

How to Cite

Connie, C., & Risdianto, E. (2023). Pelatihan Pengelolaan Kelas Hybrid Bagi Guru-Guru SMP: Pelatihan Pengelolaan Kelas Hybrid Bagi Guru-Guru SMP. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 3(2), 63-68. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v3i2.92