Pelatihan Pengelolaan Kelas Hybrid Bagi Guru SDIT Insan Mulia Dalam Kesiapan Menyongsong Era Society 5.0

Authors

  • Eko Risdianto
  • Badeni
  • Azizatul Khairi
  • Agus Riyanto

DOI:

https://doi.org/10.52989/darmabakti.v5i1.161

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan kelas hybrid guna menyongsong era Society 5.0. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara pelatihan dan workshop. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu pendekatan partisipatif. Tahapan kegiatan pelatihan ini terdiri dari,  persiapan, pelatihan, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara dan quesioner respon. Hasil dari kegiatan  ini yaitu guru mampu memahami konsep dan  karakteristik dari kelas hybrid. Guru mampu mengembangkan keterampilan teknis dalam menggunakan perangkat dan aplikasi pembelajaran daring yang digunakan sebagai penunjang kelas hybrid. Guru juga mampu merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang efektif untuk kelas hybrid. Secara keseluruhan pelaksanaan pelatihan pengelolaan kelas hybrid  terlah terlaksana dengan baik. Hasil umpan balik yang  diberikan peserta pelatihan sangat positif hal ini juga diukur berdasarkan quesioner respon yang dibagikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-02

How to Cite

Risdianto, E., Badeni, Khairi, A., & Riyanto, A. (2025). Pelatihan Pengelolaan Kelas Hybrid Bagi Guru SDIT Insan Mulia Dalam Kesiapan Menyongsong Era Society 5.0. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v5i1.161