Analisis Beban Kerja PLLU Terhadap Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan di Perum LPPNPI Cabang Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.52989/jaet.v2i01.46Kata Kunci:
Pemandu Lalu Lintas Udara, Beban KerjaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang negative yang artinya berbanding terbalik antara beban kerja yang di alami seorang ATC dengan pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan dua analisis penelitian, pertama dengan menggunakan metode perhitungan regresi, pertama dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan atas tingkat pengaruh variabel beban kerja terhadap variabel pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan dan kedua, dengan menggunakan Nasa-TLX guna mengungkap lebih dalam terhadap tingkat beban kerja subyektif para controller yang meliputi tuntutan mental psikis, tuntutan fisik, tekanan waktu, kinerja, tingkat frustrasi, dan usaha kerja. Hasilnya didapatkan bahwa koefisien korelasi sebesar -0,628 dan koefisien determinasi sebesar 39%, yang artinya bahwa pengaruh beban kerja personil ATC terhadap pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan adalah sebesar 39% dan selebihnya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam bagian penelitian.
Unduhan
Referensi
Aminarno Budi Pradana, Drs, S.Si.T, MM,. (2019). Metode Penelitian Ilmiah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug-Tangerang, 2019.
Amalia, D. (2019). Promoting Just Culture For Enhancing Safety Culture In Aerodrome Airside Operation. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 260-266.
A.A.A Willyandari T D S.STr. (2018). Pengaruh kepadatan Traffic dalam terminal South terhadap beban kerja di Approach Control Unit (APP) Jakarta Air traffic Service Center, DIV tugas akhir, Politeknik Penerbangan Indonesia.
Cristi, P., & Zaini, F. (2019). PENGARUH JUMLAH TRAFFIC TERHADAP BEBAN KERJA AIR TRAFFIC CONTROLLER (ATC) DI JAKARTA LOWER CONTROL NORTH. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 12(3), 91-100.
Nugraha, W., & Amalia, D. (2021). Covid-19 and Implementation of Airport Health and Safety Procedures: The Safety Culture Perception. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 2070-2082
Wahyu dwi nugroho S.STr. (2019). Analisis pengaruh beban kerja terhadap tingkat stress personel Approach unit di Makasar Air traffic Service Center, DIV tugas akhir, Politeknik Penerbangan Indonesia.
International Civil Aviation Organization. (2016). Doc. 4444, Air Traffic Management, 16th Edition, Montreal: Secretary General.
Human Factor Digest No.8 ICAO Circular, Human Factors in Air Traffic Control 241-AN/145, ICAO, Montreal, .Canada.
ICAO Circular 247-AN/145, Human Factors Digest No.8, Human Factors in Air Traffic Control. Montreal, .Canada
Doc.9426-AN/924, Air Traffic Services Planning Manual Part IV, Section I Organization and Administration, Chapter 2 Personnel Requirement, Recruitment and Progression.
(PT.DBM) Muhammad Arasyandi, Arfan Bakhtiar ANALISA BEBAN KERJA MENTAL DENGAN METODE NASA TLX PADA OPERATOR KARGO DI PT. DHARMA BANDAR MANDALA Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia
Air Traffic Service, Annex 11, Chapter 2, Point 2.2, 2016 tentang ATS Safety Management
Sugiyono, Prof, Dr. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syofian Siregar. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitan Kuantitatif, Jakarta: PT Bumi Aksara.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dwi Lestary, Pangsa Rizkina Aswia, Ertha Endina L
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.