Studi Perencanaan Perkerasan Runway dan Taxiway dengan Metode Federal Aviation Administration
DOI:
https://doi.org/10.52989/jaet.v2i2.56Keywords:
bandara, runway, pesawatAbstract
Bandar Udara Mindiptana, yang berada di Kabupaten Boven Digoel adalah bandara yang tergolong masih perintis maka harus dilakukan analisa tentang perkerasan runway, apron maupun taxiway-nya, apakah ketiga fasilitas sisi udara tersebut dapat mengakomodasi atau menopang pesawat yang mendarat atau melakukan aktivitas di Bandara Mindiptana. Pada penganalisisan menggunakan metode Federal Aviation Administration hasil yang di dapat adalah lapisan permukaan pada tanah runway sebesar 101 inchi atau setara dengan 256,54 cm, dengan menggunakan Asphalt Hotmix. Pada lapisan base course tebal lapisan perkerasan sebesar 127 inchi atau setara dengan 322,58 cm, pada lapisan base course atau pondasi menggunakan Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC). Pada pondasi bawah tebal perkerasan pada runway Bandar Udara Mindiptana sebesar 381,30 atau setara dengan 968,5020 cm dan bahan yang digunakan agregat alam. Sedangkan untuk taxiway didapat hasil yaitu tanah taxiway sebesar 101 inchi atau setara dengan 256,54 cm, dengan menggunakan Asphalt Hotmix. Pada lapisan base course tebal lapisan perkerasan sebesar 127 inchi atau setara dengan 322, 58 cm, pada lapisan base course atau pondasi menggunakan Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC). Pada Pondasi bawah tebal perkerasan pada runway Bandar Udara Mindiptana sebesar 127 inchi atau setara dengan 322,58 cm.
Downloads
References
Afriyani, Suci Ryski Nur., & Suryan, Viktor. (2022). Analisa Metode FAA dan Icao-LCN pada Perencanaan Perkerasan di Bandar Udara Silampari Lubuklinggau : Jurnal Talenta Sipil. Vol 5 No. 1
Dharma , Anton Budi. (2006). ‘Evaluasi Tebal Lapis Keras Landas Pacu Bandara Adisutjipto Guna Melayani Penerbangan Internasional dengan Metode CBR, Federal Aviation Administration dan LCN’ : Jurnal Universitas Islam Indonesia 2006
Djuniati, S., & Sandhyavitri, A (2016). ‘Analisis Perencanaan Struktur Perkerasan Runway, Taxiway, dan Apron Bandara Sultan Syarif Kasim II Menggunakan Metode Federal Aviation Administration (Doctoral dissertation, Riau University)’ : Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik , Vol3 No 2 (2016).
FAA., 2014. Standardized Method of Reporting Airport Pavement Strength - PCN, Advisory Circular (AC) No:
Istiar, Aziz Kamilia. (2021). Analisis Kekuatan Perkerasan Landasan Pacu Bandar Udara Juanda dengan Metode Federal Aviation Administration dan Software COMFAA. : Jurnal Aplikasi Teknik Sipil.
Kemenhub. 2017. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor KP 660 Tahun 2017 Tentang Rencana Induk Bandar Udara Mindiptana Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
Prana, I. G. A. A. M., & Dhyani, I. (2018). ‘TINJAUAN TEBAL PERKERASAN RUNWAY BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK (BIL) MENGGUNAKAN METODE FAA BERDASARKAN PROYEKSI PENERBANGAN ‘(Doctoral dissertation; Universitas Mataram).
Pratama, H. Y. (2015). ‘Analisis Tebal dan Perpanjangan Landasan Pacu Pada Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II’; Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 3(1), 741.
Ramadhan, D. (2018). ‘Analisis Struktur Perkerasan Lentur Landas Pacu Menggunakan Program Bantu COMFAA, FAARFIELD dan LEDFAA (Studi Kasus Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya’) ; (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Santoso, Shelvy Elvina. (2017). PERBANDINGAN METODE PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE FAA (FEDERAL AVIATION ADMINISTRATION) DAN LCN (LOAD CLASSIFICATION NUMBER) PADA LANDAS PACU BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG
Utama, D. (2006). ‘Analisis Struktur Perkerasan Runway, Taxiway dan Apron Bandar Udara Dr. FL Tobing Menggunakan Metode United States of American Practice, Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Industri dan Sistem Transportasi BPP Teknologi’ : Jurnal Sains dan Teknologi, 8(2).
Wibowo, A. A. 2016. ‘Analisis Tebal Perkerasan Runway Dan Taxiway Bandara Juwata Tarakan–Kalimantan Utara.’. JOM FTEKNIK Volume 3 No 2 Oktober 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kadek Liony Maya Paramahamsa, Anggi Nidya Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.