PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMAN 4 KEPAHIANG
DOI:
https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.23Kata Kunci:
Powtoon, Revolusi Industri 4.0Abstrak
Di era disrupsi seperti saat ini, dunia pendidikan dituntut mampu membekali para peserta didik dengan ketrampilan abad 21 (21st Century Skills). Tidak hanya bagi peserta didik, Guru dan dosen pun harus harus siap menghadapi ketrampilan ini. Guru dan dosen harus memiliki core kompetensi yang kuat, memiliki softskil antar lain : Critical Thingking, kreatif, komunikatif dan koloberatif. Untuk mencapai keterampilan abad 21, trend pembelajaran dan best practices juga harus disesuaikan, salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran berbasis ICT seperti Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi yang dibuat menggunakan aplikasi PowToon. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan ketrampilan khususnya literasi digital guru-guru dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan PowToon, sehingga nantinya dapat meningkatkan pemahaman siswa (2) meningkatkan motivasi guru dalam mempergunakan Teknologi Informasi khususnya menggunakan aplikasi PowToon dalam membantu pembelajaran khususnya pada siswa SMAN 4 Kepahiang sehingga dapat memotivasi guru-guru dalam menggunakan inovasi pembelajaran terkini. Metode Kegiatan menggunakan RPA (Participatory Rural Appraisal) adalah pendekatan dan metode yang memungkinkan masyarakat secara bersama-sama menganalisis masalah kehidupan dalam rangka merumuskan perencanaan dan kebijakan secara nyata. Bentuk kegiatan ini berupa pelatihan atau workshop yang di ikuti oleh 33 orang guru SMAN 4 Kepahiang. Dari hasil pengabdian ini hampir seluruh guru yang mengikuti kegiatan ini antusias dan dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik. Dari hasil pengabdian ini hampir seluruh guru yang mengikuti kegiatan ini antusias dan dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan dapat ditindakljuti untuk program pengabdian berikutnya.
Unduhan
Referensi
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622
Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding Semateksos 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”
Purwanto, Andik., & Risdianto, Eko. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin ( Monopoli Fisika Sains ) Pada Siswa Sma Kelas X. 2(1), 41–47.
Risdianto, E. (2010). Pengembangan Multimedia Interaktif (MPI) pada Praktikum Fisika Dasar I. VI(2), 9–16.
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate.
Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 77–86.
Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Jakarta.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Andik Purwanto, Eko Risdianto, Desy Hanisa Putri, Fitri Masito, I Gusti Agung Ayu Mas Oka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.