Penggunaan Material Cold Mix Asphalt untuk Penanganan Penambalan Lubang

Authors

  • Tisara Sita 1Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-D. I. Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52989/jaet.v1i1.4

Keywords:

cold-mix asphalt, patching, pothole

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang berperan sangat penting dalam mendukung distribusi barang dan jasa yang menunjang tingkat perekonomian suatu wilayah. Namun di sisi lain, aktivitas masyarakat yang tinggi berbanding lurus dengan volume serta frekuensi beban lalu lintas yang tinggi pula pada suatu ruas jalan yang berpeluang untuk mereduksi kualitas perkerasan jalan. Pothole merupakan salah satu kerusakan yang perlu mendapatkan penanganan khusus dikarenakan bentuknya yang terlihat sangat jelas dan dapat mengurangi kestabilan kendaraan. Preservasi jalan pada pothole atau lubang dapat dilakukan dengan material yang mudah dan efektif, yaitu stockpiled cold mix asphalt yang memiliki keunggulan berikut: efisien dari segi waktu, perkerasan dapat dilalui oleh kendaraan segera setelah aplikasi cold mix, serta pemeliharaan dapat dilakukan pada kondisi cuaca apapun. Teknik pelaksanaan patching dengan material cold mix asphalt dapat dilakukan dengan: throw-and-go; throw-and- roll; semi permanen; serta spray-injection. Pada pemeliharaan rutin, teknik throw-and- roll lebih direkomendasikan untuk digunakan. Modifikasi dapat dilakukan pada cold-mix asphalt untuk memodifikasi kekuatannya. Penambahan semen terbukti dapat menjadi bahan aditif dan admixture pada cold mix asphalt sehingga properti mekanik dalam cold mix asphalt berpotensi untuk termodifikasi menjadi ekivalen dan setara dari segi kekuatan dengan hot mix asphalt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chavez-V alencia, L.E., dkk. (2006). “Improving The Compressive Strengths Of Cold-Mix Asphalt Using Asphalt Emulsion Modified By Polyvinyl Acetate.” Construction and Building Materials, 21 (2007), pp.583- 589.

Choudary, R., dkk. (2012). “Use of Cold Mixes for Rural Road Construction.” International Journal of Computer Applications.

Fang, X. (2016). A Fundamental Research On Cold Mix Asphalt Modified With Cementitious Materials.

Kar, Siksha S., dan Jain, Dr P K. (2015). An Innovative Method for Repair of Potholes, India.

New Mexico Transportation. Department of (2007). Pavement Maintenance Manual, Santa Fe, New Mexico.

Sainz, M. (2016). Pothole Patching: A Review on Materials and Methods. Peoria: Bradley University.

Wilson, T.P., dan Romine, A.R. (1994). Materials and Procedures for Repair of Potholes in Asphalt Surfaced Pavements: Manual of Practice Strategic Highway Research Program National Research. Virginia. https://bnpb.go.id/infografis/infografis-data-bencana-tgl-18-april-2020

Published

2020-12-29

How to Cite

Sita, T. (2020). Penggunaan Material Cold Mix Asphalt untuk Penanganan Penambalan Lubang. Journal of Airport Engineering Technology (JAET), 1(1), 24-29. https://doi.org/10.52989/jaet.v1i1.4