Studi Penanganan Kerusakan Clinker Selama Proses Pemuatan di Terminal Khusus

Authors

  • Muhammad Hudha Ikhsani Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Romanda Annas Amrullah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Firdaus Sitepu Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

DOI:

https://doi.org/10.52989/jaet.v2i2.59

Keywords:

Kerusakan, clinker, jetty, terminal khusus

Abstract

Kerusakan clinker selama proses pemuatan disebabkan karena clinker berada di ruang terbuka dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat sehingga clinker memiliki resiko tinggi terkena air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kerusakan clinker ketika terjadi hujan, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari terjadinya kerusakan clinker, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan clinker. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Faktor yang menyebabkan kerusakan muatan clinker ketika terjadi hujan adalah penumpahan muatan clinker yang terlalu banyak, perlengkapan terpal yang tidak layak, dan permukaan jetty Terminal Khusus PT. Semen Indonesia Tuban yang tidak rata. Dampak yang ditimbulkan adalah pengembalian clinker ke pabrik dan naiknya biaya operasional bongkar muat. Upaya yang dilakukan untuk adalah dengan pengaturan dan pengawasan penumpahan clinker, pengecekan, perawatan dan pembaharuan perlengkapan yang kurang layak, penggunaan alas untuk muatan clinker. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, Romanda Annas. (2020). Pelabuhan dan Serba-Serbinya (Bisnis, Jasa & Fasilitas). Semarang: PIP Semarang.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Edy Hidayat. (2009). Pengoperasian Pelabuhan. PT. Pelabuhan Indonesia (Persero)

Hikmawati, Fenti. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Persada.

Moelong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 20 Tahun 2017. Terminal Khusus dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri. 08 Maret 2017. Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta.

SILOG. (2015). “PT. Varia Usaha Bahari”, http://silog.co.id/pt-varia-usaha-bahari-vuba/, diakses pada 21 Juli 2021 pukul 19.35.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun PIP Semarang. 2020. Pedoman Penyusunan Skripsi. Semarang: PIP Semarang.

Nugraha, W. (2019). Safety documentation: A communication approach for safety management system in aerodrome operator. International Journal of Scientific and Technology Research.

Suryan, V., Sari, A. N., Amalia, D., & Habillah, M. F. (2020). Econometric Forecasting models for Air Freight in Indonesia (And How Will It be Affected by COVID-19?). Journal of Airport Engineering Technology (JAET), 1(1), 30–33. https://doi.org/10.52989/jaet.v1i1.5

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Ikhsani, M. H., Amrullah, R. A., & Sitepu, F. . (2022). Studi Penanganan Kerusakan Clinker Selama Proses Pemuatan di Terminal Khusus. Journal of Airport Engineering Technology (JAET), 2(2), 81-85. https://doi.org/10.52989/jaet.v2i2.59