PENERAPAN MODUL BAHAN AJAR SPECTRUM ANALYZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Fatmawati Sabur Politeknik Penerbangan Makassar
  • Mulyadi Nur Politeknik Penerbangan Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52989/darmabakti.v2i1.41

Kata Kunci:

modul, spectrum analyzer, sosialisasi

Abstrak

Abstrak

 

Pembelajaran menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran (student centered), dimana peserta didik didorong dan diberi peluang untuk mencari informasi dari berbagai macam sumber, seperti modul pelajaran secara mandiri. Oleh karena itu, maka diperlukan suatu bahan ajar yang dapat digunakan oleh Peserta didik tanpa tergantung pada orang lain dalam pembelajarannya. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik secara mandiri adalah penggunaan modul. Tujuan dari penerapan modul pembelajaran ini agar dapat diketahui kelayakan modul pembelajaran yang dapat digunakan dalam metode pembelajaran problem base learning serta mengetahui tingkat hasil belajar mandiri peserta didik dengan menggunakan modul pembelajaran pratikum. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode pustaka dengan cara mengumpulkan beberapa data tertulis baik dari buku, literatur, dan hasil uji coba produk, sebagai bahan referensi kemudian menganalisa solusi yang dapat diambil dalam penyelesaian masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian R & D dalam menghasilkan modul serta uji penggunaan modul dilakukan dengan menggunakan uji one-group posttest-only design untuk 20 orang siswa. Hasil penelitian dari data hasil belajar siswa yang menerapkan metode PBL (problem base learning) dengan menggunakan modul spectrum analyzer sebagai media pembelajaran maka nilai mean pada kelas EA-1 sebesar 83.40 dan EA-2 sebesar 84.30. nilai tersebut berarti rata-rata hasil belajar aircraft pada kelas EA-1 sebesar 83.40 dan EA-2 sebesar 84.30, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar aircraft kelas EA-2 lebih tinggi dari kelas EA-1.

 

Kata Kunci : Modul,  Spectrum Analyzer, PBL

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fatmawati Sabur, Politeknik Penerbangan Makassar

Dosen Politeknik Penerbangan Makassar

Mulyadi Nur, Politeknik Penerbangan Makassar

Dosen Politeknik Penerbangan Makassar

Referensi

Adji, Hudha. (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Vol 1, no 1 , Science education journal (online) https://sej.umsida.ac.id/index. php/sej/article /view/1580

Ahmad Fauzan, 2011. Analisis kelayakan media pembelajaran perakitan komputer untuk siswa sekolah menengah kejuruan, Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Andi Dinata. 2017 phisical computing dengan raspberry pi.jakarta. PT Elex media kompulindo

Anonymous. (2010). Spectrum Analyzer (online). http://www.thesis.binus.ac.id. 19 Oktober2014 (15:27)

Anonymous.(2014). Spectrum Analyzer 2. (online) http://www.thesis. binus.ac.id.19 Oktober 2014 (15:27)

Arends, Richard I. (2013). Belajar untuk Mengajar. Edisi 9 buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Arkun, S. & Akkoyunlu, B. (2008). A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students’ opinions of the multimedia learning environment. Interactive Educational Multimedia, 17, hlm. 1-19

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Balmon kelas II Semarang. 2017 Pengendalian spektrum frekuensi radio di wilayah Jawa Tengah. Solo (online) https://slideplayer.info /slide/11885670/

Barokati, dkk. 2013. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). (online) DOI:10.24089/j.sisfo.2013.09.006

Bendat, J. and Persol, A., (1986) Random data analysis and measurement procedures, 2nd ed. New York: Wiley. (online) https://www.scirp.org/(S(i43dyn45teexjx455lt3d2q)) /reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=10198

Budiono, dkk. (2006) Penyusunan dan penggunaan modul pembelajaran berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi sub pokok bahasan Analisa kuantitatif untuk soal – soal dinamika sederhana pada kelas X semester I SMA. (online) https://www.scribd.com /doc/26670426 7/166-211-1-PB-pdf

Carl Laufer, “The Hobbyist's Guide to the RTL-SDR: Really Cheap Software Defined Radio,” Kindle Edition, Published on May 14, 2014

Cheung. (2016) Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation (online) https://doi.org/10.1155 /2016/9502572

Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategies and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills (6th ed.). Boston: Pearson. (online) https://www.scirp. org/(S (czeh2tfqyw2orz553k1w0r45))/ reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1412284

Febriana, R., Hafizah, D., & Radhya, Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dengan Menggunakan Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1 (2), 144 – 150.

Komarudin, 2001, Ensiklopedia Manajemen Edisi IX, Bumi Aksara, Jakarta.

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology. 28(4), 563-575

Mahdy, A.. (2014). Deskripsi dan percobaan Spectrum Analyzer. http://www.komandan.net/2013/12/deskripsi-dan-percobaan-spectrum .html. 19 Oktober 2014 (15:27).

Md. Habibur Rahman .dkk (2016) A Practical Approach to Spectrum Analyzing Unit Using RTL-SDR Rajshahi University Journal of Science & Engineering ISSN 2309-0952 Vol. 44: 151-159, 2016 Department of Electrical and Electronic Engineering, Chittagong University of Engineering and Technology, Chittagong, Bangladesh.

Sabur. Dkk (2020) Rancang Bangun Trainer Spectrum Analyzer berbasis Raspberry Phyton dan Register Transfer Level - Software Defined Radiowww.GNU rado.com.di akses tanggal 2 februari 2020

Santosa, dkk. (2017) pengembangan e-Modul berbasis Model pembelajaran Problem Based learning pada mata pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK TI Bali Global Singaraja (online) https://docplayer.info/47150650-Kumpulan-artikel-mahasiswa-pendidikan-teknik-informatika-karmapati-volume-6-nomor-1-2017-issn.html

Subana, dkk.( 2015) statistik pendidikan subana dkk pustaka setia. Penerbit : Pustaka Setia Bandung ISBN : 9789797302382.

Sulistyorini, S., Desi, W., Ali, S., & Zaenal, A. (2019). Sosialisasi RPP Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, dan HOTS pada Guru SD di Kota Semarang. Jurnal Kreatif, 9 (2), 105-112.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora, 1-205.

Tukey, J.W. (1960) A Survey of Sampling from Contaminated Distributions. In: Oklin, I., Ed., Contributions to Probability and Statistics, Stanford University Press, Redwood City, CA.

Onno w purbo, protus tanahandaru. 2011. Jaringan wireles di dunia berkembang, andi Yogyakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Sabur, F., & Nur, M. (2021). PENERAPAN MODUL BAHAN AJAR SPECTRUM ANALYZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA . Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 2(1), 37-41. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v2i1.41