PENDAMPINGAN BUDAYA LITERASI DI ERA COVID 19 PADA ANAK-ANAK DI RUMAH SINGGAH AL-MA’UN KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.24Kata Kunci:
Budaya Literasi, Covid 19, Rumah Singgah Al-Ma'unAbstrak
Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi bidang Pengabdian pada Masyarakat dapat dilaksanakan dengan menjalin kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi tertentu, baik negeri maupun swasta. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah memberikan penyuluhan kepada anak-anak di rumah singgah Al-Ma’un Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan budaya literasi pada anak-anak Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan metode pendekatan masyarakat, dengan cara mengajak atau memotivasi anak-anak untuk dapat meningkatkan budaya literasi khususnya budaya membaca dan menulis dalam kehidupan anak sehari-hari. Langkah-langkah kegiatan mencakup: 1) perencanaan; 2) mempersiapkan materi penyuluhan; dan 3) menyampaikan materi dengan maksud untuk memotivasi dan menumbuhkan budaya Literasi pada anak-anak di rumah singgah Al-Maun Kota Bengkulu. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut maka dapat dihasilkan: 1) anak-anak mendapatkan informasi/ pengetahuan tentang pentingnya budaya literasi khususnya budaya membaca dan menulis dan 2) anak-anak termotivasi untuk menerapkan budaya Literasi dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Unduhan
Referensi
Gould, Toni S. 1991. Get Ready to Read: a Practical Guide for Teaching Young Children at Home and in School, New York: Walker Company.
Kimbley, Gregory A. 1975. “Habit”. Encyclopedia Americana.
Nurhadi, Mulyani Ahmad. 1978. Pembinaan Minat Baca dan Promosi Perpustakaan. Berita Perpustakaan Sekolah.
Wijono, 1981. Bimbingan Membaca. Berita Perpustakaan Sekolah.
Winoto, Yunus. 1994. Bagaimana Caranya Mengetahui Kemampuan Membaca Anda. Republika.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Yanti Paulina, St Asiyah, Jelita Zakaria, Ira Yuniati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.