PENDAMPINGAN BUDAYA LITERASI DI ERA COVID 19 PADA ANAK-ANAK DI RUMAH SINGGAH AL-MA’UN KOTA BENGKULU

Penulis

  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • St Asiyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jelita Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ira Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.24

Kata Kunci:

Budaya Literasi, Covid 19, Rumah Singgah Al-Ma'un

Abstrak

Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi bidang Pengabdian pada Masyarakat dapat dilaksanakan dengan menjalin kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi tertentu, baik negeri maupun swasta. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah memberikan penyuluhan kepada anak-anak di rumah singgah Al-Ma’un Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan budaya literasi pada anak-anak  Indonesia. Metode yang digunakan  dalam pengabdian ini dengan metode pendekatan  masyarakat, dengan cara mengajak atau memotivasi anak-anak untuk dapat meningkatkan budaya literasi khususnya budaya membaca dan menulis dalam kehidupan anak sehari-hari. Langkah-langkah kegiatan mencakup: 1) perencanaan; 2) mempersiapkan materi penyuluhan; dan 3) menyampaikan materi dengan maksud untuk memotivasi dan menumbuhkan budaya Literasi pada anak-anak di rumah singgah Al-Maun Kota Bengkulu. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut maka dapat dihasilkan: 1) anak-anak mendapatkan informasi/ pengetahuan tentang pentingnya budaya literasi khususnya budaya membaca dan menulis dan 2) anak-anak termotivasi untuk menerapkan budaya Literasi dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yanti Paulina, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu

St Asiyah, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Jelita Zakaria, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Ira Yuniati, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Referensi

Gould, Toni S. 1991. Get Ready to Read: a Practical Guide for Teaching Young Children at Home and in School, New York: Walker Company.

Kimbley, Gregory A. 1975. “Habit”. Encyclopedia Americana.

Nurhadi, Mulyani Ahmad. 1978. Pembinaan Minat Baca dan Promosi Perpustakaan. Berita Perpustakaan Sekolah.

Wijono, 1981. Bimbingan Membaca. Berita Perpustakaan Sekolah.

Winoto, Yunus. 1994. Bagaimana Caranya Mengetahui Kemampuan Membaca Anda. Republika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-28

Cara Mengutip

Paulina, Y., Asiyah, S., Zakaria, J., & Yuniati, I. (2021). PENDAMPINGAN BUDAYA LITERASI DI ERA COVID 19 PADA ANAK-ANAK DI RUMAH SINGGAH AL-MA’UN KOTA BENGKULU . Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(2), 71-84. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.24