PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF UNTUK MENANAMKAN KONSEP BANGUN RUANG BAGI GURU DI SDN 67 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.19Kata Kunci:
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Media Manipulatif, dan Bangun RuangAbstrak
Sekolah yang dijadikan mitra kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang sedang diusulkan ini adalah SDN 67 Kecamatan Surabaya Kota Bengkulu. Tujuan dalam PPM ini adalah sebagai berikut (1) untuk meningkatkan pengetahuan guru mengenai pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yang dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika, (2) untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang berbagai media pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik siswa SD khususnya untuk konsep bangun ruang dan (3) untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran manipulatif khususnya untuk konsep bangun ruang. Metode yang digunakan pada kegiatan PPM ini adalah pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilakukan untuk menambah pengetahuan dan waasan guru dalam menggunakan media pembelajaran manipulatif untuk konsep bangun ruang di SD. Setelah guru sasaran menguasai pengetahuan dan keterampilan tersebut, selanjutnya mereka diminta untuk menerapkan keterampilan yang telah dimiliki pada proses pembelajaran sebenarnya di kelas. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah tersusunnya perangkat pelatihan penerapan media pembelajaran manipulatif untuk konsep bangun ruang bagi guru SDN 67 Kota Bengkulu. Kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Manipulatif untuk Konsep bangun ruang Guru di SDN 67 Kota Bengkulu ini dilaksanakan pada hari Sabtu 23 Agustus 2018 sampai dengan 28 Agustus 2018. Simpulan dari kegiatan ini adalah kegiatan Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Manipulatif Untuk Menanamkan Konsep Bangun Ruang bagi Guru Di SDN 67 Kota Bengkulu telah terlaksana dengan baik. Tujuan dari kegiatan ini telah tercapai
Unduhan
Referensi
Agusdianita Neza , Salati Asmahasanah. (2020). Penyusunan Perangkat Model Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Rme Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kreativitas, Dan Karakter Siswa SD. Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 4 (1), Juni 2020
Agusdianita,Neza.(2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Sekolah Dasar. Laporan Tesis. Bandung: UPI
Agusdianita, Neza. Karjiyati Karjiyati, Nani Nuliantini. 2020. Pelatihan Dan Pendampingan Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Martabe Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 3, No 1.
Agusdianita, Neza. Victoria Karjiyati, Sufiyandi.(2020). The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery. Series Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Atlantis Press. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.054
Agusdianita, Neza. Viktoria karjiyati dan Sri ken kustianti. 2021. Pelatihan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 67 Kota Bengkulu. Martabe Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 4, No 1 (2021)
Agusdianita,Neza. W Widada, N H Afriani, H Herawati, D Herawaty and K U Z Nugroh. (2021). The exploration of the elementary geometry concepts based on Tabot culture in Bengkulu. Journal of Physics: Conference Series. 1731 (2021) 012054IOP Publishingdoi:10.1088/1742-6596/1731/1/012054. OP Publishing
Kelly, C A. (2006). Using Manipulative in Mathematival Problem Solving: A Performance Based Analysis.
Maizon, Hepi. (2010). Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Motivasi Belajar Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan
Saraseila, Fasadena V Karjiyati, Neza Agusdianita. (2020). Pengaruh model realistic mathematics education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V sekolah dasar gugus XIV kota bengkulu. Jurnal math-umb.edu. Vol 7 No 2
Sari, Atikah. (2009). Pemberdayaan Benda Manipulatif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Siswa Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung: Tidak diterbitkan
Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model pembelajaran Matematika (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calom Guru Profesional. Bandung : Mandiri
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Neza Agusdianita, Viktoria Karjiyati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.