PENDAMPINGAN MASYARAKAT KOMPLEK GRIYA DUTA MAS DALAM PERENCANAA PENGEMBANGAN PRASARANA PENUNJANG MASJID

Authors

  • Hendi Warlika Sedo Putra Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ricky Ravsyan Alhafez Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Radius Pranoto Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Anggi Nidya Sari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • M. Ade Surya Pratama Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Viktor Suryan Politeknik Penerbangan Palembang

DOI:

https://doi.org/10.52989/darmabakti.v3i1.63

Keywords:

mosque, field survey, site plan, perspective drawing.

Abstract

Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk membantu pengurus Masjid Al-Ikhlas Kompleks Griya Duta Mas Kelurahan Sukarami, Kota Palembang dalam perencanaan dan pengembangan bangunan masjid, sehingga diharapkan masjid dapat menampung jamaah lebih banyak serta dapat menjadi wadah dalam kegiatan keagamaan yang representative. Dengan desain perencanaan dan perancangan yang baik secara struktural dan arsitektural, diharapkan masjid ini memiliki sarana yang aman dan nyaman untuk ibadah maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu koordinasi awal, survey lapangan, proses perancangan, paparan dan konsultasi desain kepada pihak pengurus masjid dan yang terakhir output berupa gambar pra desain.

Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah desain site plan, denah lantai 1, denah lantai 2, gambar tampak (utara, selatan, timur dan barat), gambar perspektif (3D). Sarana dan prasaran masjid yang ditambah dan dikembangkan diantaranya; lantai 2 yang akan diprioritaskan untuk tempat ibadah jamaah wanita, menara masjid, WC dan tempat wudhu yang didesain terpisah (di sisi kanan untuk jamaah wanita dan sisi kiri untuk jamaah pria). Lebih dari itu, area luar masjid juga ditata dan dikembangkan dengan membuat desain taman dan ruang terbuka hijau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Warlika Sedo Putra, H., Alhafez, R. R., Pranoto, R., Sari, A. N., Surya Pratama, M. A., & Suryan, V. (2023). PENDAMPINGAN MASYARAKAT KOMPLEK GRIYA DUTA MAS DALAM PERENCANAA PENGEMBANGAN PRASARANA PENUNJANG MASJID. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 3(1), 5-16. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v3i1.63

Most read articles by the same author(s)